Tautan-tautan Akses

Karzai Pecat Jaksa Anti-Korupsi


Menurut jaksa tersebut, alasan sebenarnya di balik pemecatannya adalah rencananya menyelidiki puluhan para pejabat tinggi Afghanistan.

Seorang jaksa tinggi di Afghanistan pada hari Sabtu mengatakan ia dipecat oleh Presiden Hamid Karzai karena bersikeras memproses tuduhan korupsi terhadap para pejabat tinggi.

Mantan Wakil Jaksa Agung Ahmed Fazel Faqiryar mengatakan kepada harian The New York Times dan kantor berita Associated Press bahwa ia dipaksa meletakkan jabatannya pada hari Kamis, setelah ia mengirim seorang jaksa junior untuk berbicara mengenai korupsi publik di televisi Afghanistan.

Faqiryar mengatakan alasan sebenarnya di balik pemecatannya adalah tindakan maju mundur dengan Presiden Karzai atas penyelidikan puluhan para pejabat tinggi Afghanistan, termasuk para menteri kabinet, duta besar dan gubernur.

Faqiryar mengatakan Presiden Karzai dan Jaksa Agung Mohammad Ishaq Aloko tidak mengizinkan kantornya untuk memburu para politisi yang korup. Pemerintahan Presiden Karzai membantah bahwa Presiden menghalangi penyelidikan apapun.

The Times mengatakan beberapa pejabat Barat yang mengetahui dengan baik kasus-kasus itu umumnya menguatkan tuduhan Faqiryar.

XS
SM
MD
LG