Tautan-tautan Akses

Jaksa Agung New York: Exxon Sesatkan Investor


Logo Exxon Mobil Torrance Refinery di Torrance, California. (Foto: ilustrasi)

Jaksa agung New York mengatakan Exxon Mobil menyesatkan para investor mengenai bagaimana perusahaan itu memperkirakan kemungkinan kerugian karena peraturan tentang perubahan iklim.

Jaksa agung New York, Eric Schneiderman mengatakan dalam dokumen pengadilan hari Jumat bahwa perhitungan Exxon "mungkin tipuan". Ia mengatakan perusahaan minyak itu memberi tahu investor menggunakan satu perkiraan mengenai biaya kalau peraturan dijalankan pada proyek-proyek tertentu, tapi kemudian menerapkan prakiraan yang lebih rendah. Hal itu menjadikan beberapa proyek minyak dan gas mereka kelihatan akan lebih menguntungkan dengan risiko lebih sedikit.

Tuduhan itu muncul pada minggu yang sama ketika para pemegang saham menekan Exxon untuk memaparkan rincian lebih banyak lagi mengenai peraturan yang dirancang untuk mengurangi perubahan iklim akan berdampak pada usahanya.

Juru bicara Exxon mengatakan tuduhan jaksa agung itu tidak akurat dan penyelidikannya bermotif politik dan hanya untuk mendapat publikasi.

Schneiderman melancarkan tuduhan itu sambil meminta pengadilan negara bagian untuk memaksa Exxon Mobil Corp menyerahkan lebih banyak dokumen dan saksi-saksi dalam penyelidikannya terhadap perusahaan minyak yang berkantor pusat di Texas itu. [my/ii]

XS
SM
MD
LG