Tautan-tautan Akses

AS

Jaksa Agung AS Tingkatkan Kecaman terhadap Jaksa "Progresif"


Jaksa Agung AS William Barr di Departemen Kehakiman, di Washington D.C., 13 Januari 2020.

Sehari setelah mengumumkan "eskalasi yang signifikan" dalam perang pemerintah Trump melawan kota-kota yang tidak bekerja sama dengan otorita imigrasi federal, Jaksa Agung William Barr, Selasa (11/2/2020), mempertajam kecamannya terhadap jaksa lokal di yurisdiksi itu.

Barr mengatakan mereka "membahayakan semua orang" dengan menolak menegakkan sejumlah undang-undang.

Komentar yang sangat kritis itu ditujukan kepada jaksa di kota-kota yang disebut suaka - kabupaten dan negara bagian yang selama ini menjadi duri bagi pemerintahan Trump, yang kesulitan menangani lebih dari 10 juta imigran gelap di Amerika.

Dalam pertemuan sheriff-sheriff di Washington, Barr mencerca apa yang disebutnya "pengacara distrik pembangkang" yang menurutnya telah mengambil peran baru sebagai "hakim-legislator-jaksa" dan gagal melindungi petugas penegak hukum. Sementara kejahatan nasional cenderung lebih rendah, kata Barr, tingkat kejahatan di kota-kota dengan jaksa "progresif" tetap sangat tinggi.

Kecaman Barr terhadap jaksa lokal keluar sehari setelah ia mengumumkan bahwa Departemen Kehakiman mengajukan tuntutan hukum terhadap California, New Jersey dan King County di negara bagian Washington, atas kebijakan yang menurut pemerintah federal menyulitkan mereka menindak imigran ilegal. Pengumuman itu menandai peningkatan tajam dalam konflik antara pemerintah federal dan yurisdiksi lokal atas kebijakan imigrasi. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG