Tautan-tautan Akses

Jacinda Ardern akan Menjadi PM Selandia Baru Mendatang


Pemimpin Partai Buruh Selandia Baru Jacinda Ardern mengecat pagar rumahnya di Auckland, Selandia Baru, 23 September 2017.(Foto: dok).

Jacinda Ardern akan menjadi perdana menteri mendatang Selandia Baru setelah sebuah partai kecil menyatakan dukungan bagi Partai Buruh pimpinan Ardern, mengakhiri kebuntuan pasca pemilu selama hampir satu bulan ini.

Winston Peters, ketua partai populis New Zealand First, Kamis (19/10) mengumumkan partai itu akan membentuk pemerintah koalisi dengan partai Buruh yang berhaluan tengah kiri dan sekutu politiknya, Partai Hijau.

Kepada wartawan di Wellington seusai pidato pengumuman itu, Peters mengatakan ada dua pilihan untuk diambil, status quo yang dimodifikasi atau melakukan perubahan.

Peters berperan menentukan setelah pemilihan legislatif 23 September lalu berakhir dengan hasil Partai Nasional yang berkuasa pimpinan Perdana Menteri Bill English meraih 56 kursi dan blok partai Buruh-partai Hijau meraih 54 kursi, kurang dari 61 kursi yang diperlukan untuk menguasai parlemen dengan 120 kursi. English dan Ardern kemudian terlibat perundingan yang panjang dan intens dengan Peters, yang partainya meraih sembilan kursi.

Keputusan Peters ini membuat Ardern yang berusia 37 tahun menjadi perempuan ke-tiga yang menjadi perdana menteri Selandia Baru, sekaligus pemimpin termuda negara itu dalam kurun lebih dari 150 tahun. Terpilih pertama kali sebagai anggota parlemen pada tahun 2008, naiknya Ardern secara tak terduga ke kekuasaan dimulai pada bulan Agustus, sewaktu ia dipilih untuk memimpin partai Buruh, yang jauh ketinggalan dari Partai Nasional yang berhaluan tengah kanan dalam jajak pendapat.

Usianya yang masih muda dan karismanya memicu gelombang dukungan yang oleh para cendekiawan disebut sebagai "Jacindamania," dan mendongkrak prospek partai Buruh yang semula dipastikan kalah menjadi bersaing ketat.

Keputusan Peters juga mengakhiri sembilan tahun kekuasaan Partai Nasional. English baru menjadi perdana menteri pada Desember lalu sewaktu pendahulunya, John Key, mendadak mengundurkan diri. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG