Tautan-tautan Akses

Partai Nasional Pimpinan PM Selandia Baru Menangkan Pemilu


Perdana Menteri Selandia Baru Bill English berbicara kepada media di sebuah hotel di Auckland, Selandia Baru, 23 September 2017.

Partai Nasional pimpinan Perdana Menteri Selandia Baru Bill English memenangkan pemilihan umum di Selandia Baru dengan suara terbanyak, namun jumlah suara yang didapatkan tidak cukup untuk membentuk sebuah pemerintahan tanpa bantuan dari partai politik lain.

Ini artinya rakyat Selandia Baru mungkin harus menunggu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu untuk mendapat kepastian apakah English akan tetap menjabat sementara berbagai partai akan mencoba bernegosiasi untuk membentuk koalisi.

Masih ada kemungkinan kecil bagi lawan utama English, Jacinda Ardern, untuk menduduki posisi tersebut.

Berpidato di hadapan ratusan pendukung di Auckland, English mengatakan Minggu pagi (23/9) bahwa rakyat telah berbicara dan sekarang partainya mengemban tanggung jawab bekerja untuk memberi Selandia Baru pemerintahan yang kuat dan stabil.

Partai Nasional memenangkan 46 persen suara, Partai Buruh pimpinan Ardern mendapat 36 persen, Partai New Zealand First mendapatkan 8 persen suara dan Partai Hijau 6 persen.

Ia mengatakan sudah jelas Partai Nasional atau Partai Buruh tidak dapat memerintah sendirian, dan oleh karena itu dalam beberapa hari mendatang ia berencana untuk memulai pembicaraan dengan Partai New Zealand First.

“Kita tidak perlu tergesa-gesa menempuh proses ini,” kata English.

Ia mengucapkan terima kasih kepada saingannya Jacinda Ardem atas kampanenya yang berjuang keras, yang katanya telah memberi dorongan dan melibatkan lebih banyak rakyat Selandia Baru daripada kapanpun menurut ingatannya.

”Kami berusaha sekuat-kuatnya, dan kami semakin lebih baik dan lebih baik,” kata English. [gp/fw]

XS
SM
MD
LG