Tautan-tautan Akses

Ivanka Trump Berkantor di West Wing, Dapat Akses ke Informasi Rahasia


Presiden AS Donald Trump berbicara kepada putrinya Ivanka pada sebuah konferensi pers (foto: ilustrasi).

Putri sulung Presiden AS Donald Trump, Ivanka, kini memiliki kantor di Sayap Barat Gedung Putih dan akan mempunyai akses ke informasi rahasia, meskipun dia bukan pegawai pemerintah.

Ivanka Trump tidak akan memiliki jabatan resmi, tetapi harus mematuhi aturan-aturan etika yang berlaku bagi para pegawai pemerintah, menurut pengacaranya, Jamie Gorelick, yang juga mengatakan putri pertama Presiden Trump itu tidak akan digaji oleh pemerintah.

Gedung Putih tidak menanggapi pertanyaan tentang peran Ivanka Trump.

Sebuah pernyataan dari Ivanka Trump mengatakan, dia akan terus memberikan kepada ayahnya "saran dan nasihat jujur, seperti yang sudah saya lakukan selama hidup saya."

Ivanka Trump adalah wakil yang efektif untuk ayahnya dalam kampanye dan keluarganya pindah ke Washington. Dia telah mengisyaratkan rencana untuk memperjuangkan isu-isu seperti cuti hamil dan perawatan anak.

Kehadiran Ivanka Trump telah terlihat di Gedung Putih. Pada hari Jumat, ia berperan serta dalam pertemuan mengenai pelatihan kejuruan dengan Presiden dan Kanselir Jerman Angela Merkel. Dia bergabung dengan suaminya, Jared Kushner di Sayap Barat atau West Wing Gedung Putih, pusat kekuasaan pemerintah eksekutif, di mana ia menjabat sebagai penasihat senior.

Undang-undang federal anti-nepotisme melarang kerabat presiden ditempatkan dalam jabatan pemerintahan; tetapi, Departemen Kehakiman baru-baru ini mengatakan, "wewenang perekrutan khusus" presiden memberi wewenang untuk menunjuk Kushner.

Kata Gorelick, Departemen Kehakiman menjelaskan presiden bisa berkonsultasi dengan anggota keluarganya sebagai warga biasa, peran yang akan dimainkan oleh Ivanka Trump.

Putri pertama presiden Trump itu mempertahankan bisnis pakaian dan perhiasan miliknya, tetapi manajemen hariannya telah diserahkan kepada presiden perusahaan itu. Dia juga telah membuat kuasa hukum, yang dikelola oleh saudara-saudara suaminya, untuk memberi pengawasan tambahan.

Gorelick mengatakan, perusahaan itu tidak boleh membuat kesepakatan baru dengan negara asing dan kuasa hukum harus berunding dengan Ivanka kalau ada perjanjian baru. Dia mengatakan, Ivanka Trump akan dapat memveto kesepakatan bisnis yang diusulkan.

Ivanka Trump (35 tahun) telah melepaskan peran kepemimpinannya dalam Trump Organization, di mana ia akan menerima gaji tetap tetapi tidak mendapat bagian keuntungan. [ps/ds]

XS
SM
MD
LG