Tautan-tautan Akses

Italia Selamatkan 1.000 Migran Pada Perahu yang Bocor di Laut Tengah


Para migran terlihat berjejal dalam sebuah perahu karet setelah diselamatkan oleh anggota LSM Proaktif Open Arms LSM, di Laut Mediterania, sekitar 22 mil utara dari Zumarah, Libya, 27 Januari, 2017. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Penjaga pantai Italia menyelamatkan sekitar 1.000 migran dari perahu yang bocor di Laut Tengah, Jumat (27/1) sementara satu orang ditemukan tewas.

Pejabat mengatakan para migran itu ditemukan pada sembilan perahu yang berbeda, enam diantaranya perahu karet dan tiga dengan kapal kayu dan diselamatkan dalam operasi penjaga pantai sepanjang siang. Mereka mengatakan satu mayat ditemukan dari perahu karet itu.

Penjaga pantai mengatakan para migran itu dipindahkan ke kapal penyelamat dan dibawa ke pantai Sisilia. Penjaga pantai tidak menjelaskan kewarganegaraan para migran itu.

Sebagian besar migran menyeberang laut dari Libya menuju Italia berasal dari Afrika atau Timur Tengah biasanya membayar penyelundup untuk melewati laut itu.

Lebih dari 180 ribu migran mencapai Italia tahun lalu, jumlah yang mencapai rekor. PBB mengatakan lebih dari 5.000 orang tewas tahun lalu dalam upaya menyeberangi Laut Tengah itu. [my/al]

XS
SM
MD
LG