Tautan-tautan Akses

Istri Mantan PM Pakistan Terpilih Jadi Anggota Parlemen


Kulsoom Nawaz (kiri), istri, dan Maryam Nawaz (kanan), anak perempuan mantan perdana menteri Pakistan Nawaz Sharif, melambaikan tangan ke arah para pendukung dalam sebuah kampanye di Lahore, Pakistan, 4 Mei 2013.

Kulsoom Nawaz, istri perdana menteri terguling Pakistan Nawaz Sharif, hari Minggu dengan mudah memenangi pemilihan untuk mengisi kursi yang sebelumnya diduduki suaminya.

Kemenangan Kulsoom Nawaz sudah diperkirakan, karena partai yang berkuasa Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) dominan di konstituensi Lahore tengah. Mantan perdana menteri itu telah menduduki kursi tersebut sejak pertengahan 1980-an, ketika pertama kali memasuki politik nasional.

Media resmi melaporkan kandidat pemenang itu meraih 61.254 suara, dibanding hanya 47 ribu untuk saingan utamanya, Yasmin Rahid dari partai oposisi Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI). Tetapi di luar pemilu limpahan hari Minggu, hasil itu dipandang sebagai ujian kritis bagi dinasti Sharif menjelang pemilihan nasional Pakistan tahun depan.

Mahkamah Agung Pakistan, yang mengadili kasus korupsi tingkat tinggi atas Nawaz Sharif dan anak-anaknya, memutuskan Juli lalu bahwa Sharif menyembunyikan aset di luar negeri, dan memerintahkan pemecatannya karena "ketidakjujuran".

Kulsoom Nawaz saat ini berada di London menjalani perawatan kanker, bersama suaminya di sisinya. Putri mereka, Maryam Nawaz, menjalankan kampanye pemilihan atas nama ibunya.[ka]

XS
SM
MD
LG