Tautan-tautan Akses

Israel Luncurkan Kembali Siaran Radio Bahasa Persia untuk Iran


Netanel Toobian, direktur siaran bahasa Persia (Farsi) radio Kan, saat diwawancarai VOA di Tel Aviv, Israel, 18 Januari 2018. (Foto: dok).

Israel sedang melakukan usaha baru untuk berkomunikasi dengan rakyat Iran, sementara kedua negara sekawasan yang bersaingan itu semakin meningkatkan saling mengecam dan mengancam untuk menyerang lainnya untuk bela diri.

Atas prakarsa Israel, badan siaran yang dibiayai negara meluncurkan kembali siaran radio Kan Berbahasa Persia (Farsi) untuk Iran bulan Januari setelah terhenti selama delapan bulan.

Natanel Toobian (43 tahun), kelahiran kota Isfahan, Iran, menjabat sebagai direktur siaran radio baru itu, merangkap fungsi sebagai pembawa acara.

Ia berimigrasi ke Israel bersama keluarganya 30 tahun lalu, melarikan diri dari sentimen anti-Yahudi yang meningkat di Iran pasca Revolusi Islam.

Tiga puluh tahun kemudian, ketegangan antara Iran dan Israel sedang meningkat.

Situs internet pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memuat videonya di mana ia berbicara dengan tamunya dari Suriah tanggal 1 Maret mengenai ramalannya tahun 2015 bahwa Israel, atau yang disebutnya rejim Zionis, akan hilang 25 tahun lagi. [gp]

XS
SM
MD
LG