Tautan-tautan Akses

ISIS Ledakkan Masjid Bersejarah di Mosul


Menara Al-Hadba di Masjid Raya tampak melalui jendela sebuah gedung di kota tua Mosul, Iraq, 1 Juni 2017 (foto: REUTERS/Alaa Al-Marjani)

Masjid al-Nuri di Mosul yang berasal dari abad pertengahan dan juga menaranya yang terkenal telah diledakkan oleh militan ISIS ketika pasukan Irak bergerak maju menuju bangunan bersejarah itu.

Militan ISIS telah meledakkan masjid al-Nuri di Mosul dan juga menaranya yang terkenal ketika pasukan Irak bergerak maju menuju gedung itu.

Masjid dari abad pertengahan itu, yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Mosul adalah tempat dimana pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi pada 2014 mendeklarasikan sebuah khalifah yang meliputi bagian-bagian dari Irak dan Suriah. Menara bersejarah masjid itu sudah eksis selama lebih dari 800 tahun.

Pihak militer Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan, pasukannya sudah berada 50 meter dari masjid Rabu malam ketika militan ISIS melakukan hal keji dengan meledakkan bangunan suci itu.

Irak dan pasukan koalisi tadinya berharap keberhasilan merebut masjid itu akan menjadi kemenangan besar bagi pihaknya.

Kantor berita ISIS Amaq menuduh pesawat Amerika menghancurkan masjid itu.

Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu, tanggung jawab dari penghancuran ini nyata-nyata berada dipihak ISIS.

Jenderal Amerika Joseph Martin mengatakan, “Ini adalah kejahatan terhadap rakyat Mosul dan seluruh Irak dan sebuah contoh mengapa organisasi yang kejam ini harus dilenyapkan.” [jm]

XS
SM
MD
LG