Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa di Irlandia Tunjuk PM Gay Pertama


Leo Varadkar (38 tahun) akan jadi PM Irlandia paling muda (foto: dok).

Irlandia akan punya perdana menteri yang gay: Leo Varadkar, putra seorang imigran India, yang memenangkan pemilihan kepemimpinan partai Fine Gael pada Jumat (2/6).

Varadkar, usia 38 tahun, juga akan jadi PM Irlandia paling muda. Dia memenangkan pemilihan itu dengan meraih 60 persen suara dan menggantikan Enda Kenny yang menjabat sejak 2011.

Kenny, usia 66 tahun, mengumumkan pengunduran dirinya bulan lalu. Varadkar sebagai pemimpin partai Fine Gael yang baru secara otomatis menjadi PM.

Selain muda dan gay, Varadkar juga menjadi PM Irlandia pertama dengan latar belakang etnis yang berbeda.

“Pemilihan saya sebagai pemimpin partai Fine Gael menunjukkan bahwa prasangka dan curiga tidak eksis di republik ini,” katanya dan disambut dengan seruan dan tepuk tangan meriah setelah kemenangannya diumumkan di Dublin.

“Ketika ayah saya melakukan perjalanan 5000 mil untuk membangun tempat tinggal baru di Irlandia, saya ragu bahwa dia bermimpi suatu hari anaknya akan jadi pemimpin. Dan meskipun berbeda, putranya akan dinilai oleh tindakannya bukan identitasnya,” katanya.

Varadkar dihadapkan pada banyak tantangan sebagai PM, termasuk memulihkan ekonomi yang masih belum 100 persen sejak krisis finansial 2008. [jm]

XS
SM
MD
LG