Tautan-tautan Akses

Iran Tawarkan Minyak kepada Pakistan


Iran menawarkan minyaknya kepada Pakistan di tengah sanksi negara Barat atas kegiatan Nuklirnya (Foto: dok).
Iran menawarkan minyaknya kepada Pakistan di tengah sanksi negara Barat atas kegiatan Nuklirnya (Foto: dok).

Pakistan mengatakan pihaknya sedang mempelajari tawaran Iran untuk memasok 80 ribu barel minyak setiap hari ke ekonomi Pakistan yang sangat kekurangan energi itu.

Seorang pejabat Pakistan hari Rabu mengatakan Iran juga menawarkan untuk mengizinkan Islamabad menangguhkan pembayaran atas minyak Iran itu. Pejabat itu mengatakan Pakistan akan mengirim delegasi ke Iran pertengahan Maret untuk menindak-lanjuti tawaran tadi.

Pakistan sedang berusaha meningkatkan impor bahan bakar guna meringankan kekurangan energi yang telah melumpuhkan perindustrian dalam-negeri. Iran juga sedang mencari pelanggan baru minyaknya sebagai tanggapan atas perketatan sanksi Amerika dan Uni Eropa terhadap ekonomi Iran. Minyak adalah sumber pemasukan devisa terbesar Iran.

Negara-negara kuat Barat telah memperketat sanksi mereka terhadap Iran dalam beberapa bulan ini untuk menekan Teheran agar menghentikan kegiatan nuklirnya yang dicurigai bertujuan untuk mengembangkan senjata nuklir. Iran tetap mengatakan program nuklirnya bertujuan damai.

XS
SM
MD
LG