Tautan-tautan Akses

Iran: Serangan Pesawat Nirawak Menarget Fasilitas Pertahanan di Isfahan


Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian

Kementerian Pertahanan Iran hari Minggu (29/1) mengatakan beberapa pesawat nirawak yang membawa bom menarget fasilitas pertahanan Iran di pusat kota Israhan Sabtu malam (28/1). Serangan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan regional dan internasional terkait Iran.

Kementerian Pertahanan Iran tidak memberikan informasi lebih rinci tentang siapa yang dicurigai melakukan serangan yang terjadi ketika sedang berlangsung kebakaran di pusat pengilangan minyak di dekat kota Tabris di bagian barat laut, dan juga gempa berkekuatan 5,9 yang menewaskan sedikitnya tiga orang itu.

Dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani, yang sedang berkunjung ke Teheran, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan, “Serangan semacam itu tidak akan menimbulkan dampak pada tekad ilmuwan-ilmuwan nuklir kami dan niat untuk mencapai energi nuklir yang damai.”

Associated Press melaporkan Iran telah menjadi sasaran dalam dugaan serangan pesawat nirawak Israel di tengah perang bayangan dengan saingannya di Timur Tengah itu karena tidak kunjung tercapainya perjanjian nuklir baru setelah keluarnya Amerika secara sepihak dari perjanjian nuklir tahun 2015.

Israel diduga telah melancarkan serangkaian serangan terhadap Iran, termasuk serangan di fasilitas nuklir bawah tanah Natanz pada April 2021 yang merusak beberapa sentrifugalnya. Iran pada tahun 2020 juga menyalahkan Israel atas serangan canggih yang membunuh seorang ilmuwan nuklir militer terkemuka.

Pejabat-pejabat Israel sangat jarang mengakui adanya operasi yang dilancarkan unit-unit militer rahasia negara itu atau badan intelijen Mossad. Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang baru-baru ini kembali ke dunia politik, telah sejak lama melihat Iran sebagai ancaman terbesar yang dihadapi negaranya. Di tengah ketegangan dengan Iran, Amerika dan Israel juga telah melangsungkan latihan militer terbesar yang pernah ada.

Iran juga sedang mengalami ketegangan politik dengan Azerbaijan, setelah seorang laki-laki bersenjata menyerang Kedutaan Besar Azerbaijan di Teheran, melukai kepala keamanannya dan melukai dua lainnya. [em/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG