Tautan-tautan Akses

Iran Jadi Tuan Rumah KTT Pakistan-Afghanistan


Presiden Pakistan Asif Ali Zardari bertemu Presiden Iran Mahmoud Ahmedinejad di Teheran (24/6).
Presiden Pakistan Asif Ali Zardari bertemu Presiden Iran Mahmoud Ahmedinejad di Teheran (24/6).

Selain KTT tiga pihak itu, Presiden Afghanistan dan Pakistan akan menghadiri konferensi anti-terorisme yang diselenggarakan pemerintah Iran.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari tiba di Teheran hari Jumat untuk bertemu Presiden Iran Mahmoud Ahmedinejad dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai.

Zardari juga diperkirakan akan membahas berbagai isu bilateral, termasuk proyek pipa gas Iran-Pakistan, dengan Ahmadinejad.

Pertemuan Presiden Zardari di Iran dilakukan selagi hubungan menegang antara Pakistan dan Amerika menyusul serbuan rahasia Amerika ke Pakistan untuk membunuh pemimpin Al-Qaida Osama bin Laden bulan lalu.

Hubungan antara Afghanistan dan Amerika juga tegang karena Presiden Karzai berulang kali menyuarakan kekecewaannya atas jatuhnya korban sipil akibat serangan udara pasukan koalisi.

Selain KTT tiga pihak itu, presiden Afghanistan dan Pakistan dijadwalkan menghadiri konferensi anti-terorisme hari Sabtu yang diselenggarakan pemerintah Iran.

Presiden Sudan Omar al-Bashir, Presiden Irak Jalal Talabani dan Presiden Tajikistan Emomali Rahmon juga diperkirakan hadir, demikian pula para pengamat dari negara lain.

XS
SM
MD
LG