Tautan-tautan Akses

Iran Ancam Hentikan Kerjasama dengan IAEA kalau Eropa Tak Adil dalam Perjanjian Nuklir


Ketua DPR Iran, Ali Larijani
Ketua DPR Iran, Ali Larijani

Ketua DPR Iran Ali Larijani mengatakan hari Minggu (19/1), kalau Eropa tidak adil dalam penggunaan mekanisme untuk menyelesaikan sengketa dalam perjanjian nuklir, Iran akan dengan serius mempertimbangkan kembali kerjasamanya dengan Badan Tenaga Atom Internasional, atau IAEA.

“Apa yang dilakukan tiga negara Eropa tentang isu nuklir Iran ini sangat disayangkan,” kata Larijani, yang pernah menjadi perunding nuklir utama Iran seperti dikutip dari siaran televisi pemerintah.

Jerman, Inggris, dan Perancis minggu lalu mengumumkan telah mulai menjalankan proses penyelesaian sengketa nuklir dengan Iran, yang dulu dicapai untuk melonggarkan sanksi-sanksi internasional supaya Iran menghentikan kegiatan nuklirnya.

“Kami telah mengumumkan bahwa apabila Eropa, karena alasan apapun, menggunakan Pasal 37 perjanjian nuklir secara tidak adil, Iran akan mengambil keputusan serius tentang kerjasamanya dengan IAEA,” kata Larijani seperti dikutip kantor berita AFP.

Ketiga negara Eropa tadi, Jerman, Perancis dan Inggris, yang ikut menandatangani perjanjian nuklir tahun 2015 yang disebut JCPOA itu bersama Cina, Rusia, Uni Eropa, mengatakan, walaupun penggunaan pasal 37 itu bisa menjurus pada pengenaan sanksi-sanksi PBB atas Iran, mereka tidak akan ikut dalam kampanye Amerika menjalankan “tekanan maksimum” untuk memaksa Iran. Amerika telah menyatakan diri keluar dari perjanjian itu. (ii/jm)

XS
SM
MD
LG