Tautan-tautan Akses

Irak Nyatakan Kemenangan atas ISIS di Tal Afar


Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi (foto: dok).
Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi (foto: dok).

Perdana Menteri Irak telah menyatakan kemenangan atas ISIS di kota Tal Afar dan seluruh provinsi Nineveh.

“Kebahagiaan kami lengkap, kemenangan telah tiba dan provinsi Nineveh kini seluruhnya berada di tangan pasukan kami,” kata Perdana Menteri Haider al-Abadi dalam suatu pernyataan.

Dalam suatu pernyataan, koalisi pimpinan Amerika memberi ucapan selamat kepada Pasukan Keamanan Irak (ISF), tetapi memperingatkan bahwa “tugas berbahaya masih tetap ada” untuk menyingkirkan bahan-bahan peledak dan mencari anggota ISIS yang bersembunyi.

“Menyusul pembebasan Mosul yang bersejarah dan kini kemenangan singkat dan menentukan di Tal Afar, ISF telah menunjukkan, bahwa sekali lagi, mereka adalah pasukan yang semakin cakap yang dapat melindungi rakyat Irak, mengalahkan ISIS di dalam Irak dan mengamankan perbatasan-perbatasan negara,” kata Letjen Stephen Townsend, komandan pasukan Amerika dan Koalisi. “Ini adalah prestasi signifikan lainnya bagi Pasukan Keamanan Irak dan pemerintah dan rakyat Irak.“

Ofensif terhadap Tal Afar, yang terletak antara Suriah dan 80 kilometer sebelah barat bekas kubu pertahanan ISIS di Mosul, dimulai pada 20 Agustus lalu.

Tal Afar adalah salah satu daerah terakhir di Irak yang dikuasai ISIS, menyusul pembebasan Mosul bulan Juli lalu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG