Tautan-tautan Akses

Investasi Jepang di Indonesia Meningkat Lebih dari Dua Kali Lipat


Para prajurit Indonesia menembakkan meriam selaama uji coba dalam rangka menyambut PM Jepang Shinzo Abe (13/1). Bogor, Jawa Barat. (foto: Antara Foto/Arif Firmansyah/via REUTERS)

Hubungan politik dan ekonomi yang mendalam antara Jepang dan Indonesia hari Minggu kembali ditegaskan lewat kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Jepang dan Indonesia hari Minggu menegaskan hubungan politik dan ekonomi yang mendalam dalam kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang menggunakan perlawatan 4-negaranya di Asia untuk menonjolkan peran pemerintahannya dalam menghadapi keagresifan China di Laut China Selatan.

Setelah pertemuan dengan Abe, Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan peningkatan investasi Jepang di Indonesia, ekonomi terbesar di Asia Tenggara, sangat signifikan, lebih dari dua kali lipat menjadi $ 4,5 milyar dalam bulan Januari sampai September tahun lalu.

Ia mengatakan kedua negara telah sepakat bahwa menteri pertahanan dan luar negeri mereka akan bertemu tahun ini di Indonesia dalam sebuah forum baru yang mereka mulai tahun 2015 untuk meningkatkan kerjasama maritim.

Jokowi mengatakan ada persetujuan mengenai pembangunan pelabuhan laut dalam dan ladang gas Masela di Indonesia, dan untuk pembicaraan awal mengenai rel kereta api Jakarta-Surabaya. Ia tidak memberi keterangan lebih jauh.

Perlawatan Abe umumnya bertujuan mengambil peran pelopor dalam mempromosikan kerjasama kawasan untuk menghadapi Beijing pada saat peningkatan ketegangan antara China dan Amerika Serikat dan ketidak- pastian mengenai kebijakan pemerintahan Donald Trump yang akan dilantik pekan ini.

Dengan perlawatan itu, Tokyo ingin mengirim pesan bahwa penghormatannya pada tata internasional yang berbasis peraturan, yang bertentangan dengan tingkah laku China yang lebih agresif di Laut China Selatan, dimana China mempunyai klaim wilayah yang luas, membuat Jepang mitra terbaik bagi negara-negara Asia Tenggara.

Australia dan Jepang telah menyepakati kerjasama militer yang lebih besar, dan di Filipina, Abe menjanjikan kesempatan dunia usaha dan investasi $ 8,7 milyar.

Jokowi mengatakan bahwa dalam pertemuannya dengan Abe, ia meminta agar Jepang membuka akses bagi produk pertanian Indonesia, meningkatkan akses bagi perawat Indonesia bekerja di Jepang, memulai peninjauan kembali persetujuan kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang tahun ini, dan memberi kepada maskapai penerbangan nasional Garuda hak untuk rute Jakarta-Tokyo-Los Angeles.

Setelah Indonesia, Abe akan berkunjung ke Vietnam, yang Amerika sudah dekati untuk hubungan yang lebih kuat sebagai bagian dari kebijakan Presiden Barack Obama untuk beralih ke Asia.

Namun, Trump telah mengatakan ia akan membatalkan keterlibatan Amerika dalam persetujuan perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik atau TPP, yang merupakan bagian dari kebijakan yang diprakarsai Obama. [gp]

XS
SM
MD
LG