Tautan-tautan Akses

Interpol Masukkan Palestina Sebagai Anggota


Pintu masuk aula markas besar Interpol di Lyon, Perancis tengah, 16 Oktober 2007. (Foto: dok). Badan Kepolisian Internasional Interpol telah memberikan suara, Rabu, Sept.27, 2017 untuk memasukkan "Negara Palestina" sebagai anggota, upaya baru dukungan nyata bagi Palestina untuk mendapatkan pengakuan internasional. (AP Photo / Laurent Cipriani, File)

Menteri Luar Negeri Palestina mengatakan keputusan Interpol untuk memasukkan Palestina sebagai anggota merupakan sebuah kemenangan bagi lembaga penegak hukum di Palestina.

Riad Malki, melalui sebuah pernyataan, Rabu (27/9), mengatakan, hasil pemungutan suara yang dilakukan majelis umum Interpol adalah bukti kepercayaan terhadap kapasitas penegak hukum di Palestina. Ia berjanji akan mempertahankan komitmen Palestina untuk memerangi kejahatan dan memperkokoh aturan hukum.

Pemerintah Israel belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait voting itu. Namun, mantan PM Israel Ehud Barak menyebut itu kegagalan lain PM Benjamin Netanyahu.

Sebelumnya pada 2012, Majelis Umum PBB mengakui Palestina sebagai anggota pengamat sementara UNESCO menyetujui keanggotaan penuh Palestina. Para penentang mengatakan, mengakui Palestina di organisasi-organisasi internasional merusak peluang perundingan dengan Israel yang telah lama mengalami kebuntuan.

Pernyataan keanggotaan Palestina oleh Interpol merupakan dukungan besar bagi usaha Palestina dalam meraih pengakuan internasional. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG