Tautan-tautan Akses

Intelijen Korsel Salahkan Korut atas Tenggelamnya Kapal Perang


Laporan baru di Korea Selatan mengatakan militer negara itu yakin kapal selam Korea Utara menembakkan torpedo ke arah kapal perang Korsel.

Laporan-laporan baru di Korea Selatan mengatakan militer negara itu yakin kapal selam Korea Utara menembakkan torpedo yang menenggelam sebuah kapal perang Korea Selatan bulan lalu.

Kantor berita Yonhap mengatakan satuan intelijen militer Korea Selatan mengeluarkan pendapatnya segera setelah tenggelamnya kapal perang Cheonan yang beratnya 1200 ton tanggal 26 Maret, dalam sebuah laporan kepada Departemen Pertahanan Korea Selatan dan Gedung Biru.

Yonhap mengatakan satuan intelijen itu menyusun penilaiannya berdasarkan informasi yang dikumpulkannya bersama dengan Amerika Serikat.

Sementara itu, sebuah tulisan yang diterbitkan hari Kamis dalam surat kabar Chosun Ilbo mengatakan para pejabat intelijen militer Korea Selatan memperingatkan Angkatan Laut Korea Selatan sebelumnya tahun ini bahwa Pyongyang tengah bersiap-siap hendak melancarkan serangan “torpedo manusia” terhadap kapal-kapal Korea Selatan.

Surat kabar itu mengatakan Korea Utara akan menggunakan torpedo-torpedo berawak sebagai cara pembalasan atas kekalahannya dalam tembak-menembak di laut November lalu.

XS
SM
MD
LG