Tautan-tautan Akses

Intel akan Investasi $20 Miliar untuk Pabrik Chip Baru di AS 


Logo Intel di sebuah komputer gaming yang dipamerkan di pameran peralatan gaming di Los Angeles, California, 11 Juni 2019. (Foto: Mike Blake/Reuters)

Intel, produsen chip Amerika Serikat, Selasa (23/3), mengatakan akan menginvestasikan $20 miliar untuk membangun dua pabrik baru di Arizona. Investasi itu bagian dari rencana perusahaan tersebut untuk meningkatkan produksi chip di Amerika dan Eropa.

Langkah itu diambil di tengah kekurangan chip global yang membuat negara-negara dan perusahaan-perusahaan di kawasan itu hendak mengurangi ketergantungan pada pabrik di Asia untuk semikonduktor, yang digunakan dalam rangkaian produk yang berkembang seperti mobil.

CEO Intel Pat Gelsinger mengumumkan investasi itu dalam siaran web tentang strategi perusahaan, sementara menghadapi tekanan untuk mencari cara mengatasi persaingan yang ketat. Ia menekankan bahwa Intel bermaksud terus melakukan sebagian besar pembuatan chip di pabrik sendiri sambil juga membangun hubungan dengan produsen pihak ketiga untuk beberapa lini produknya.

Sebagai bagian dari visi untuk menjadi produsen utama chip di Amerika Serikat dan Eropa, Intel membangun unit manufaktur baru yang disebut "Foundry Services," menurut perusahaan yang berlokasi di Lembah Silicon, California. [ka/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG