Tautan-tautan Akses

Insiden Desak-Desakan di Yaman Tewaskan Sedikitnya 78 Orang


Potongan gambar dari sebuah video menunjukkan kondisi di lokasi kejadian setelah insiden desak-desakan terjadi di Sanaa, Yaman, pada 19 April 2023. (Foto: AL-MASIRAH TV CHANNEL via AP)
Potongan gambar dari sebuah video menunjukkan kondisi di lokasi kejadian setelah insiden desak-desakan terjadi di Sanaa, Yaman, pada 19 April 2023. (Foto: AL-MASIRAH TV CHANNEL via AP)

Orang-orang berdesak-desakan dan terinjak-injak di sebuah acara pendistribusian bantuan keuangan di ibu kota Yaman pada Rabu (19/4) malam. Insiden itu menewaskan sedikitnya 78 warga dan 73 lainnya menderita luka-luka, kata seorang pejabat Houthi.

Insiden tersebut terjadi di Kota Tua di pusat Kota Sanaa ketika ratusan orang miskin berkumpul di sebuah acara yang diselenggarakan oleh para pedagang, menurut Kementerian Dalam Negeri yang dikelola Houthi.

Juru bicara kementerian, Abdel-Khaleq al-Aghri, menyalahkan penyebab insiden mengenaskan itu pada tidak adanya koordinasi dengan pemerintah daerah dalam acara pembagian dana tersebut. Tragedi itu terjadi menjelang hari raya Idulfitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan.

Puluhan orang yang terluka dibawa ke rumah sakit terdekat. Motaher al-Marouni, seorang pejabat kesehatan senior di Sanaa, memberikan informasi mengenai jumlah korban tewas tersebut dan mengatakan sedikitnya 13 orang terluka parah, menurut saluran TV satelit Al-Masirah milik kelompok pemberontak Houthi.

Pemberontak dengan cepat menutup sekolah tempat acara itu berlangsung dan melarang orang, termasuk jurnalis, untuk mendekat.

Saksi mata Abdel-Rahman Ahmed dan Yahia Mohsen mengatakan Houthi bersenjata melepaskan tembakan ke udara dalam upaya untuk mengendalikan massa. Tembakan itu tampaknya mengenai kabel listrik dan menyebabkan ledakan yang memicu kepanikan, dan orang-orang mulai berlarian dan saling menginjak, kata mereka.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan telah menahan dua penyelenggara acara pembagian dana tersebut dan penyelidikan terhadap insiden itu kini sedang dilakukan. [lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG