Tautan-tautan Akses

Inggris Turunkan Peringatan COVID-19 Nasional dari Level 5 ke 4


Seorang perempuan menggunakan ponselnya di halte bus di tengah wabah COVID-19 di London, Inggris (foto: ilustrasi).

Pejabat tertinggi bidang kesehatan dari empat negara di Britania Raya mengeluarkan pernyataan yang merekomendasikan agar peringatan Covid-19 di negara mereka diturunkan dari level 5 ke level 4.

Para petinggi bidang kesehatan negara-negara itu biasanya bekerja secara terpisah, namun dalam pernyataan yang diunggah dalam situs pemerintahan Britania Raya, pejabat tinggi Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales mengatakan bersepakat untuk menurunkan tingkat peringatan, "mengikuti masukan dari Joint Biosecurity Center sekaligus data terbaru."

Pernyataan itu menyebut bahwa layanan kesehatan di keempat negara itu masih tetap di bawah tekanan besar, di mana rumah sakit masih dipadati banyak pasien. Namun laporan itu juga mengatakan, “berkat upaya masyarakat, kini kita melihat jumlah (pasien) menurun secara konsisten, dan ancaman NHS juga layanan kesehatan lain akan kewalahan dalam 21 hari ke depan telah berkurang.”

Para pejabat tertinggi bidang kesehatan itu memperingatkan tingkat penularan dan tekanan terhadap rumah sakit masih sangat tinggi. Namun mereka percaya bahwa, pada waktunya nanti, vaksin Covid-19 akan berdampak besar dan mereka mendorong semua orang untuk segera divaksinasi ketika mendapat giliran.

Mereka mendorong masyarakat – baik sudah divaksinasi ataupun belum – untuk tetap waspada dan terus mengikuti pedoman Covid-19. [rd/jm]

XS
SM
MD
LG