Tautan-tautan Akses

Inggris Sepakat China Harus Jawab Tudingan Rahasiakan Informasi Terkait Corona


Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace. (Foto: dok).

China harus menjawab pertanyaan mengenai bagaimana negara itu berbagi informasi terkait wabah virus corona, namun penyelidikan soal perannya dalam perebakan wabah virus itu sebaiknya dilakukan di kemudian hari, kata Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace.

Ditanya radio LBC apakah China perlu menjawab pertanyaan mengenai seberapa cepat negara itu memberitakan dunia mengenai keparahan krisis itu, Wallace menjawab, “Saya kira China perlu menjawabnya.” Namun menurutnya, penyelidikan kasus ini sebaiknya dilakukan setelah wabah itu terkendali dan ekonomi kembali normal.

"China perlu terbuka dan transparan mengenai apa yang sesungguhnya terjadi. Mengenai kegagalannya, dan juga keberhasilannya dalam menanggulangi wabah,” katanya.

Menlu AS Mike Pompeo, Minggu (3/5), mengatakan, ada bukti signifikan bahwa virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, China. Namun tidak seperti pernyataan sebelumnya, kali ini, dalam wawancara di program ABC's "This Week", ia tidak membantah kesimpulan dinas-dinas intelijen AS bahwa virus ini tidak dengan sengaja disebarkan dan secara genetika sengaja dimodifikasi.

China berulangkali membantah telah menutup-nutupi rincian terkait wabah virus corona. Dubes China untuk Inggris bulan lalu mengatakan AS seharusnya tidak bersikap mengancam negaranya dengan perilaku yang mengingatkan pada perang kolonial Eropa pada abad ke-19. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG