Tautan-tautan Akses

Inggris Panggil Duta Besar China terkait Komentar soal Protes di Hong Kong


Duta besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming
Duta besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming

Inggris memanggil duta besar China, Liu Xiaoming karena mengatakan bahwa hubungan antara Beijing dan London telah dirusak oleh dukungan Inggris pada pemrotes pro demokrasi di Hong Kong.

Liuxiaoming tadinya mengingatkan Inggris untuk tidak mencampuri apa yang disebutnya ‘masalah dalam negeri’ China. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt menyatakan dukungan kuat pada demonstrasi di Hong Kong – yang tadinya adalah koloni Inggris sebelum dipulangkan Inggris kepada China tahun 1977.

“Inggris menandatangani perjanjian internasional yang mengikat tahun 1984 yang melestarikan satu negara dengan dua sistem pemerintahan, yang melestarikan kebebasan pokok bagi penduduk Hong Kong dan kami sepenuhnya berdiri di belakang perjanjian itu dan sepenuhnya di belakang penduduk Hong Kong. Akan ada konsekuensi serius jika perjanjian yang mengikat itu tidak dihormati,” kata Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt hari Selasa (2/7).

Amerika bersama sekutu juga menyatakan kekhawatiran yang mendalam tentang arah pemerintahan China di Hong Kong.

Pendukung demokrasi di Hong Kong mendesak Inggris supaya berbuat lebih banyak dengan alasan Inggris mempunyai kewajiban hukum dan moral untuk membela kebebasan bagi penduduk Hong Kong. (al/ka)

Recommended

XS
SM
MD
LG