Tautan-tautan Akses

Inflasi AS Melambat Menjadi 6,4%, Namun Harga Naik Lagi


Inflasi AS mulai melambat, namun konsumen diperkirakan harus membayar harga-harga barang yang akan tetap naik tahun ini (foto: ilustrasi).
Inflasi AS mulai melambat, namun konsumen diperkirakan harus membayar harga-harga barang yang akan tetap naik tahun ini (foto: ilustrasi).

Laju kenaikan harga mereda pada bulan Januari dibandingkan pada tahun sebelumnya, pertanda terbaru bahwa inflasi tinggi yang melanda Amerika selama hampir dua tahun perlahan-lahan mereda.

Pada waktu yang sama, laporan harga konsumen hari Selasa (14/2) dari pemerintah menunjukkan, tekanan inflasi pada ekonomi AS tetap tinggi dan kemungkinan harga barang akan tetap naik hingga tahun ini. Meningkatnya biaya juga menekan Bank Sentral AS untuk kembali menaikkan suku bunga acuan sampai akhir tahun.

AS Optimistis Soal Perekonomian 2023, Namun Perekonomian Global Terancam Resesi Parah
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:23 0:00

Harga barang-barang konsumen naik 6,4% pada bulan Januari dibandingkan pada tahun sebelumnya, turun sedikit dari 6,5% pada Desember. Itu adalah pelambatan ketujuh berturut-turut dan jauh di bawah puncaknya sebesar 9,1% pada Juni. Namun tetap jauh di atas target inflasi tahunan Bank Sentral sebesar 2%.

Harga barang meningkat 0,5% tiap bulan dari Desember hingga Januari, jauh lebih tinggi dari kenaikan 0,1% dari November hingga Desember. Harga bahan bakar, pangan, dan pakaian yang lebih mahal mendorong kenaikan angka itu bulan lalu. [ps/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG