Tautan-tautan Akses

Indonesia Nyatakan Aman, Desa-Desa Papua yang Terlibat Konfrontasi dengan Pemberontak


Tentara berpatroli di jalanan Timika, Papua, 26 Juli 2009. (Foto: dok).

Polisi Indonesia menyatakan membantu mengevakuasi lebih dari 340 orang hari Jumat (17/11) dari desa-desa di bagian ujung timur Papua, setelah pasukan keamanan mencapai kemajuan dalam konfrontasinya dengan separatis. Belum jelas apakah ada korban jatuh.

Juru bicara kepolisian Papua Suryadi Diaz mengatakan desa Kimbeli dan Banti, di mana separatis menempatkan orang-orang bersenjata pekan lalu, telah diamankan dan 344 orang, termasuk 24 anak-anak, dievakuasi dengan bus ke kota terdekat. Mereka yang tetap tinggal kebanyakan adalah migran dari daerah lain.

Dalam suatu pernyataan Diaz mengemukakan evakuasi itu didahului oleh operasi dua jam yang “memukul balik” separatis. Sebelumnya hari Jumat (17/11), seorang juru bicara kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat mengemukakan dalam email bahwa sebuah drone pengintai militer telah diterbangkan di atas kawasan itu. Seorang komandan kelompok itu tidak dapat dihubungi dengan ponsel.

Seorang juru bicara kepolisian Papua lainnya, Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, baku tembak dari perbukitan di sekitar salah satu desa itu menghambat upaya-upaya sekitar 300 polisi dan personel militer untuk memindahkan warga. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG