Tautan-tautan Akses

Indonesia Buka Akses Sementara ke PayPal Setelah Pemblokiran Picu Kecaman


Ilustrasi - Kominfo memblokir PayPal, situs mesin pencari Yahoo, dan beberapa layanan game, Sabtu (30/7), karena mereka gagal memenuhi tenggat di bawah aturan lisensi.
Ilustrasi - Kominfo memblokir PayPal, situs mesin pencari Yahoo, dan beberapa layanan game, Sabtu (30/7), karena mereka gagal memenuhi tenggat di bawah aturan lisensi.

Indonesia untuk sementara membuka akses ke perusahaan pembayaran online PayPal PYPL.O untuk memungkinkan para pengguna mengakses uang mereka, kata seorang pejabat senior hari Minggu, setelah pemblokiran beberapa layanan dan game online memicu protes.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sabtu (30/7) memblokir PayPal, situs mesin pencari Yahoo, dan beberapa layanan game karena mereka gagal memenuhi tenggat di bawah aturan lisensi.

Registrasi diperlukan berdasarkan aturan yang dirilis pada akhir November 2020 dan akan memberi kewenangan yang luas kepada otoritas untuk mengungkapkan data pengguna tertentu dan menghapus konten yang dianggap melanggar hukum atau yang “mengganggu ketertiban umum.”

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan dalam konferensi pers virtual hari Minggu bahwa pemerintah membuka akses ke PayPal selama lima hari kerja.“Mudah-mudahan cukup waktu bagi pengguna untuk melakukan migrasi, mendapatkan uang mereka dan mencari layanan lain,” katanya seraya menambahkan bahwa sejauh ini belum ada komunikasi dari PayPal.

Pada hari Sabtu, ribuan komentar yang mengkritik pemblokiran layanan digital tak terdaftar oleh pemerintah membanjiri unggahan Kominfo di Instagram.

Banyak pesan yang menyatakan langkah pemerintah itu merugikan industri game online dan pekerja lepas yang menggunakan PayPal.

Pihak berwenang akan membuka pemblokiran situs web tersebut jika mereka mematuhi aturan soal registrasi, kata Semuel, yang membela tindakan itu sebagai perlindungan bagi para pengguna internet dan ekosistem digital Indonesia.

Para operator layanan game yang terdampak yang mencakup Steam, Dota dan Counter-Strike telah berkomunikasi dengan pemerintah, lanjutnya.

PayPal dan perusahaan video game Valve Corporation tidak segera menanggapi email permintaan komentar dari Reuters. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG