Tautan-tautan Akses

Impor Masker, Sarung Tangan Korut dari China Naik Sebelum Deklarasi Kemenangan COVID


Karyawan Pabrik Farmasi Obat Junggu Koryo memproduksi obat-obatan Koryo di Pyongyang, Korea Utara, 7 Juni 2022. (Foto: AP)
Karyawan Pabrik Farmasi Obat Junggu Koryo memproduksi obat-obatan Koryo di Pyongyang, Korea Utara, 7 Juni 2022. (Foto: AP)

Korea Utara mengimpor lebih dari 1 juta masker wajah dan 15.000 pasang sarung tangan karet dari China pada Juli, tak lama sebelum mendeklrasikan kemenangannya atas COVID-19, data perdagangan China menunjukkan pada Sabtu.

Pyongyang pada pekan lalu menyatakan kemenangannya dalam melawan virus corona, mengakhiri perjuangan kecil-kecilan melawan kasus "demam" yang telah meningkat menjadi 4,77 juta. Tidak ada kasus baru yang terdaftar sejak 29 Juli.

Namun, China mengekspor 1,23 juta masker ke Korea Utara pada Juli dengan nilai perdagangan mencapai $44.307. Volume impor itu melonjak dari angka 17.000 pada bulan sebelumnya, menurut data yang dirilis oleh bea cukai China.

Dari Januari hingga Juli, bulan terakhir di mana data tersedia, Korea Utara membeli lebih dari 11,93 juta masker dari China.

Data tersebut juga menunjukkan Korea Utara tidak mengimpor produk pencegahan dan pengendalian COVID-19 dari China pada bulan Mei.

Ekspor keseluruhan China ke Korea Utara melonjak menjadi $59,74 juta di bulan Juli dari $19,05 juta di bulan Juni. [ah]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG