Tautan-tautan Akses

AS

Imelda Bawa Hujan Lebat, Banjir ke Texas


Gambar pergerakan Badai Imelda yang dirilis oleh Pusat Badai Nasional (NHC). (Foto: Twitter NHC)

Sisa-sisa Badai Tropis Imelda mengguyur Texas tenggara, memaksa penyelamatan dan evakuasi 1.000 orang lebih karena banjir makin tinggi.

Imelda umumnya menyasar Houston, kota terbesar keempat di AS. Peramal cuaca memperkirakan daerah itu akan menerima lebih dari 100 sentimeter hujan minggu ini.

"Hujan tampaknya masih akan terus turun," kata Jeff Linder, ahli meteorologi dari Distrik Pengendalian Banjir Harris Country.

Hujan lebat membuat penerbangan dan Bandara George Bush Intercontinental menghentikan kegiatannya. Menurut Badan Penerbangan Federal, bandara itu diperkirakan tidak akan dibuka kembali sampai Jumat.
Semua transportasi umum ditutup di pusat kota Houston, dan pejabat kota meminta penduduk untuk menghindari mengemudi dan tinggal di dalam ruangan.

Layanan Cuaca Nasional telah mengeluarkan peringatan banjir bandang untuk beberapa county mulai dari Houston sampai perbatasan negara bagian Louisiana.

Imelda telah melemah menjadi depresi tropis sejak menghempas daratan Selasa di dekat Freeport, Texas, dengan kecepatan angin maksimum 64 kilometer per jam.

Imelda adalah badai pertama yang membanjiri Houston sejak Harvey melanda kota itu selama beberapa hari pada Agustus 2017, mencurahkan hujan sampai setinggi 130 sentimeter di beberapa daerah. [my/pp]

XS
SM
MD
LG