Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Utama WHO Berbicara Sebelum Berangkat ke Wuhan


Seorang anggota staf mengenakan alat pelindung diri (APD) berdiri di samping bus-bus menunggu kedatangan tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang akan menyelidiki asal-usul pandemi virus corona (Covid-19) di Bandara Internasional Wuhan Tianhe, di Wuhan,

Sejumlah pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) akan tiba di Kota Wuhan, China pada Kamis (14/1) untuk memulai penyelidikan mengenai asal-usul pandemi virus corona.

Misi tersebut akan dipimpin Dr. Peter Ben Embarek, yang memaparkan badan PBB itu telah mengumpulkan tim ahli dan dokter dari berbagai disiplin ilmu untuk melakukan perjalanan ke kota dimana virus pertama kali terdeteksi pada akhir 2019.

Misi tersebut telah dipersiapkan selama berbulan-bulan, akan tetapi terhambat oleh beberapa penundaan.

Sekretaris Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan kekecewaannya pekan lalu karena pengaturan yang memakan waktu lama untuk diselesaikan.

Setelah mendarat, tim WHO akan dikarantina selama dua minggu sebelum mengunjungi berbagai lokasi untuk menyelidiki bagaimana virus corona pertama kali tertular ke manusia, papar Ben Embarek, seorang ahli zoonosis, penyakit yang dapat ditularkan dari hewan kepada manusia.

Ben Embarek mengemukakan bahwa tim itu akan lebih dekat mengamati infeksi virus pada manusia pertama termasuk aktivitas di sekitar pasar tradisional China di Wuhan. [mg/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG