Tautan-tautan Akses

Ilmuwan AS dan Inggris Raih Nobel Kimia


Foto-foto pemenang Hadiah Nobel Kimia 2018: Frances H. Arnold dari Amerika Serikat, George P. Smith dari Amerika Serikat dan Gregory P. Winter of Britain ditampilkan pada layar saat diumumkan di Royal Swedish Academy of Sciences, Stockholm, Swedia, 3 Oktober 2018.

Dua ilmuwan AS dan seorang ilmuwan Inggris meraih Nobel Kimia atas karya mereka dalam mengembangkan metoda pengubahan dan seleksi genetika untuk memproduksi materi-materi baru, obatan-obatan dan bahan bakar bio.

Akademi Sains Kerajaan Swedia mengumumkan penghargaan itu Rabu (3/10), dan memberi seluruh pemenangnya total hadiah 1 juta dolar.

Frances Arnold dari AS dihargai karena menciptakan proses evolusi enzim terarah dengan menggunakan prinsip-prinsip seleksi alamiah untuk menciptakan protein-protein baru yang mempercepat reaksi kimia.

Akademi itu mengatakan, karya Arnold di laboratorium memungkinkan proses evolusi berlangsung berkali-kali lebih cepat dan menghasilkan protein-protein yang memiliki karakteristik baru dan bermanfaat.

George Smith, warga AS lain dihargai karena mengembangkan teknik produksi yang melibatkan virus yang menginfeksi bakteri agar bisa menghasilkan protein-protein baru.

Peneliti Inggris Gregory Winter dianugerahi Nobel atas karyanya menggunakan teknik produksi itu untuk mengembangkan antibodi yang menciptakan bahan-bahan baru obat. Akademi itu mengatakan, metoda itu telah digunakan untuk menciptakan obat untuk berbagai penyakit, termasuk rematik, psoriasis, gangguan autoimun, kanker metastatik. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG