Tautan-tautan Akses

Ilmuwan AS, Perancis dan Kanada Raih Hadiah Nobel Fisika 2018


Peraih Nobel Fisika 2018: Arthur Ashkin dari Amerika Serikat, Gerard Mourou dari Perancis dan Donna Strickland dari Kanada, diumumkan oleh Akademi Sains Kerajaan Swedia di Stockholm, Swedia, 2 Oktober 2018. (Foto: dok).

Hadiah Nobel Fisika 2018 dianugerahkan kepada Arthur Ashkin dari Amerika Serikat, Gerard Mourou dari Perancis dan Donna Strickland dari Kanada, atas temuan terobosan mereka dalam bidang fisika laser.

Akademi Sains Kerajaan Swedia memberi sebagian uang hadiah itu untuk Ashkin dan selebihnya dibagi dua untuk kedua periset lainnya.

Akademi menyatakan pekerjaan mereka telah menjurus pada penemuan ilmiah baru yang disebut sebagai “perangkat terbuat dari cahaya,” seperti pinset optik yang menggunakan “tekanan radiasi cahaya untuk memindahkan objek-objek fisik,” dan metode baru untuk menghasilkan gelombang optik sangat pendek yang berintensitas tinggi.

Dua hadiah Nobel 2018 lainnya, untuk bidang kimia dan perdamaian, masing-masing akan diumumkan pada hari Rabu dan Jumat. Hadiah Nobel Sastra tidak akan diberikan tahun ini karena skandal perilaku asusila di Akademi Swedia, lembaga yang memutuskan pemenang penghargaan itu.

Penghargaan Nobel dalam bidang Ilmu Ekonomi akan diumumkan hari Senin mendatang. [uh]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG