Tautan-tautan Akses

AS

Ilhan Omar Tanggapi Kritik 9/11


Monumen peringatan 9/11 di NYC. (Foto: Courtesy)

Anggota DPR Amerika Serikat, Ilhan Omar, hari Minggu (15/9) menanggapi komentar putra seorang korban serangan 11 September (9/11). Ia mengkritiknya pekan lalu pada hari peringatan serangan tersebut.

Nicholas Haros Jr., yang ibunya tewas di World Trade Center, berbicara ketika upacara peringatan ke-18 tahun serangan itu dengan mengenakan kemeja bertuliskan "Sebagian orang berbuat sesuatu." Hal tersebut merujuk ke komentar Omar pada awal tahun ini.

"Hari ini saya di sini untuk menjawab dengan tepat kepada Anda, siapa yang melakukan apa kepada siapa," katanya.

Ketika berbicara pada Dewan Hubungan Amerika-Islam Maret lalu, Omar mengatakan kelompok itu didirikan karena "sebagian orang berbuat sesuatu dan kita semua mulai kehilangan akses atas kebebasan sipil kita." Komentar itu segera menuai reaksi.

Hari Minggu, dalam acara Face the Nation di televisi CBS, Omar kembali ditanya tentang komentarnya dan komentar Haros.

"9/11 adalah serangan terhadap semua orang Amerika. Itu serangan kepada kita semua, dan tentu saja saya tidak bisa memahami beban rasa sakit yang tentunya dirasakan keluarga korban 9/11," ujar Omar di CBS.

Tetapi, lanjutnya, juga harus ingat bahwa "banyak orang Amerika mendapati diri mereka kini kehilangan hak-hak sipil," setelah serangan itu.

"Jadi, apa yang saya katakan sebagai muslim, bukan saja saya menderita sebagai orang Amerika yang diserang pada hari itu, tetapi hari berikutnya saya terbangun ketika teman-teman Amerika saya memperlakukan saya sebagai tersangka," katanya dalam acara itu. [ka/ah]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG