Tautan-tautan Akses

Ikuti Langkah AS, NATO akan Kurangi Pasukan di Afghanistan


Sejumlah tentara Inggris dari misi NATO di Afghanistan, Resolute Support Mission, tiba di lokasi serangan di Kabul, Afghanistan, 6 Maret 2020.
Sejumlah tentara Inggris dari misi NATO di Afghanistan, Resolute Support Mission, tiba di lokasi serangan di Kabul, Afghanistan, 6 Maret 2020.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Alliance Treaty Organization/NATO) mengatakan akan menarik semua tentaranya dari Afghanistan, sesuai dengan janji Amerika Serikat untuk melakukan hal yang sama.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyampaikan pengumuman untuk menarik sekitar 7.000 tentara NATO itu dalam konferensi pers pada Rabu (14/4) usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin.

“Kami akan memulai penarikan pasukan NATO pada 1 Mei,” kata Stoltenberg Rabu. “Kami berencana menyelesaikan penarikan semua pasukan kami dalam beberapa bulan,” tambahnya.

Amerika dan NATO mengatakan penarikan pasukan bukan berarti meninggalkan Afghanistan.

Pemerintahan Biden mengakhiri spekulasi berbulan-bulan tentang rencana Amerika di Afghanistan dengan mengatakan, Selasa (13/4), akan menarik pasukan yang tersisa selambatnya 11 September, bertepatan dengan peringatan 20 tahun serangan teroris. Ketika itu beberapa teroris al-Qaeda membajak pesawat penumpang dan menabrakkannya ke World Trade Center di New York dan Pentagon di Washington, DC.

Pada hari yang sama, pesawat untuk penerbangan domestik lainnya, United Airlines Flight 93, dibajak oleh empat teroris al-Qaeda dan jatuh di sebuah lapangan di Somerset County, Pennsylvania.

Serangan tersebut mendorong Amerika Serikat untuk menggulingkan Taliban di Afghanistan, yang akhirnya berkembang hingga masuknya lebih dari 130 ribu tentara dari 50 negara NATO dan sekutu lainnya. Sejak 2015, pasukan yang tersisa, yang sekarang berjumlah kurang dari 10 ribu, telah ditugaskan untuk melatih dan membantu pasukan keamanan Afghanistan.

Para pejabat Amerika mengatakan keputusan untuk meninggalkan Afghanistan diambil bersama dengan sekutu-sekutu NATO. [lt/em]

XS
SM
MD
LG