Tautan-tautan Akses

Ikon Rock ‘n’ Roll Amerika, Chuck Berry, Tutup Usia


ARSIP – Foto yang diambil tanggal 26 Februari 2012, legenda rock ‘n’ roll Chuck Berry memainkan lagu Johnny B. Goode di John F. Kennedy Presidential Library and Museum di Boston. (foto: AP Photo/Josh Reynolds, Arsip)

Musisi legendaris Afrika-Amerika yang juga ikon rock ‘n’ roll Amerika, Chuck Berry, tutup usia.

Salah satu dari raja rock ‘n’ roll Amerkka, Chuck Berry meningga dalam usia 90 tahun.

Musisi legendaris Afrika-Amerika, asal St. Louis, Missouri tampil pertama kalinya saat bersekolah di SMA. Sejak itu, ia menempa hidupnya termasuk tiga tahun dalam sekolah reformasi, 20 bulan di penjara, dan puluhan tahun di bawah lampu sorot, menjadi pionir bentuk musik yang selalu diasosiasikan dengan musik Amerika.

Charles Edward Anderson Berry, yang populer dengan panggilan akrab Chuck, terkenal dengan lagu-lagu hit tahun 1950-an seperti Maybellene, Roll Over Beethoven, Sweet Little Sixteen, dan Johnny B. Goode. Lagu-lagu single nya – kombinasi revolusioner antara musik pop, country, dan blues – menjadi lagu-lagu hits di aula-aula SMA dan klub-klub musik di seluruh Amerika. Gaya bermusiknya mendorong lahirnya masa remaja Amerika, yang diwarnai oleh hormon, energi, dan optimisme.

Pengaruh terhadap banyak musisi lainnya

Lagu hit Chuck Berry, Maybellene, adalah versi musik rock ‘n’ roll dari lagu country yang berjudul Ida Red. Berry menulis dalam sebuah buku kenangan penerbit lagunya, Chess, “tidak percaya kalau … lagu orang udik dapat ditulis dan dinyanyikan oleh seorang pria berkulit hitam.”

Musiknya mempengaruhi sebagian besar musisi pop yang muncul setelahnya, termasuk legenda-legenda musik terkenal seperti, the Rolling Stones, the Beach Boys, dan the Grateful Dead. Merujuk pada Chuck Berry di pertengah 1980-an, salah satu personel Rolling Stone, Keith Richards dalam candaannya yang terkenal mengatakan, “Saya telah mencuri setiap improvisasi gitar yang pernah ia mainkan.”

Lahir di daerah Midwest

Berry lahir dari keluarga kelas menengah di Missouri dan tampil untuk pertama kalinya di Sumner High School, sekolah yang juga bersejarah sebagai SMA pertama untuk warga Afrika-Amerika di barat Sungai Mississippi, sebuah garis yang memisahkan sepertiga daerah timur negeri itu dari bagian Barat.

Berry dianggap sebagai orang yang mula-mula memperkenalkan gerakan-gerakan aneh yang sering diasosiasikan dengan genre rock ‘n’ roll, termasuk “gaya berjalan seperti bebek” dan gaya gitar timis yang berat yang ia tunjukkan ketika memainkan lagu Johnny B. Goode: “persis seperti ketika ia membunyikan lonceng.” Menurut legenda gaya berjalan mirip bebek ia ciptakan sebagai cara untuk menyembunyikan kerutan di salah satu kostum yang ia beli selama tur.

Sedangkan terkait dengan lagu Johnny B. Goode – aslinya dimaksudkan sebuah lagu untuk anak lelaki berkulit hitam, namun kemudian diubah menjadi “anak desa” untuk menarik lebih banyak minat – banyak sekali grup band yang menyanyikannya, termasuk di antaranya the Beatles, bintang musik country Buck Owen, dan band heavy metal Judas Priest. [ww]

XS
SM
MD
LG