Tautan-tautan Akses

Ikon Musik Liza Minnelli Ultah ke-75


Liza Minnelli saat tampil di New York, 9 Mei 2014. (Foto: dok).

Dalam karirnya yang terentang selama tujuh dekade, Minnelli telah muncul sebagai bintang dalam hampir 20 film, merilis 11 album studio dan memenangkan penghargaan Oscar, Emmy, dua Grammy, dan tiga Tony Awards.

Minneli lahir di Los Angeles dari pasangan ternama. Ibunya aktris terkenal dunia, Judy Garland, dan ayahnya sutradara Vincente Minnelli. Jadi, tidak heran kalau pada usia tiga tahun, Liza Minneli sudah tampil untuk pertama kalinya dalam film yang dibintangi ibunya, "In the Good Old Summertime."

Pada tahun 1961, Minneli pindah ke kota New York, mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Seni Pertunjukan, sebelum tampil dalam pertunjukan musik Broadway sebagai remaja dalam "Best Foot Forward."

Patung aktris Liza Minnelli, dibuat dari lemon dan jeruk, dalam komedi musikal "Cabaret" Festival Lemon ke-84 bertema "Broadway" di Menton, Perancis, 15 Februari 2017.
Patung aktris Liza Minnelli, dibuat dari lemon dan jeruk, dalam komedi musikal "Cabaret" Festival Lemon ke-84 bertema "Broadway" di Menton, Perancis, 15 Februari 2017.

Minnelli kemudian sibuk dalam musik, film, dan pertunjukan di panggung selama beberapa tahun. Ia merekam lima album pada tahun 1960-an sekaligus banyak tampil dalam sejumlah acara televisi.

Beberapa tahun setelah dinominasikan meraih Oscar untuk perannya dalam film tahun 1969 berjudul "The Sterile Cuckoo," Minnelli akhirnya meraih penghargaan sebagai aktris terbaik Academy Award pada tahun 1973 berkat perannya dalam "Cabaret." Perannya itulah yang kemudian menentukan sukses karirnya. Ia juga memenangkan penghargaan BAFTA di Inggris dan Golden Globe atas penampilannya sebagai penyanyi Sally Bowles.

Minnelli menikah dan bercerai empat kali. Pernikahannya yang terakhir dengan produser David Gest berakhir pada tahun 2007. [mg/ka]

XS
SM
MD
LG