Tautan-tautan Akses

Hukuman Penjara Pemimpin Samsung Ditangguhkan


Lee Jae-yong, wakil pimpinan Samsung Electronics, memberikan keterangan kepada media, sebelum meninggalkan pusa penahanan di Uiwang, Korea Selatan (5/2).

Mahkamah banding Korea Selatan telah menangguhkan hukuman penjara yang dijatuhkan terhadap miliarder pewaris perusahaan raksasa Samsung Electronics, Lee Jae-yong, dan memerintahkan pembebasannya segera dari penjara, Senin (5/2).

Pengadilan distrik Seoul semula menghukum Lee yang berusia 49 tahun itu lima tahun penjara bulan Agustus atas penyuapan sehubungan dengan skandal yang menjatuhkan presiden negara itu Park Geun-hye.

Mahkamah banding, Senin (5/2) membatalkan beberapa hukuman dan mengurangi hukuman penjara selebihnya hingga menjadi dua setengah tahun hukuman percobaan.

Empat pimpinan Samsung lainnya yang dihukum bersama Lee juga memperoleh pengurangan hukuman, dan dua orang yang sebelumnya dikenakan hukuman penjara juga ditangguhkan hukuman mereka.

Kasus tersebut berpangkal pada pembayaran yang dilakukan Samsung kepada teman dekat Park, Choi Soon-Sil, pembayaran yang dituduh pihak jaksa dimaksudkan untuk memperoleh perlakuan pemerintah yang menguntungkan pemimpin Samsung, Lee Jae-yong.

Lee mengaku tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan bahwa ia menggunakan dana perusahaan Samsung untuk menyuap Park.

Ia juga tadinya dinyatakan bersalah atas pelanggaran-pelanggaran lain, antara lain, penggelapan uang, pencucian uang, menyembunyikan aset di luar negeri dan berbohong kepada parlemen. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG