Tautan-tautan Akses

Hujan Padamkan Kebakaran Hutan di Australia, Tapi Picu Banjir Bandang


Kawasan Byron Bay, New South Wales, Australia, kini dilanda banjir.

Hujan deras yang melanda pantai timur Australia hari Minggu (9/2) telah memadamkan kebakaran hutan yang besar di sana, tetapi sekaligus menimbulkan banjir bandang.

Dinas Pemadam Kebakaran di negara bagian New South Wales mengatakan hujan Sabtu malam (8/2) memadamkan kebakaran hutan di selatan Sydney, yang sebelumnya telah menghancurkan 312 rumah dan sekitar 500 hektar lahan dalam waktu 74 hari.

Komisioner Pemadam Kebakaran di Pedesaan Shane Fitzsimmons berharap hujan lebat akan bergerak ke daratan dan memadamkan lebih banyak kebakaran hutan yang telah terjadi selama beberapa bulan ini.

Fitzsimmons hari Minggu (9/2) juga mengadakan acara perpisahan dengan 21 petugas pemadam kebakaran Amerika dan 21 petugas pemadam kebakaran Kanada yang akan kembali ke tanah air masing-masing setelah membantu memadamkan kebakaran hutan Australia.

Peringatan cuaca buruk dikeluarkan hari Minggu di sepanjang sebagian besar pantai New South Wales dan di bagian-bagian negara bagian Queensland di sebelah utara, yang diramalkan akan dilanda hujan lebat, angin kencang, gelombang pasang yang tidak normal dan ombak tinggi.

Layanan Darurat Negara Bagian New South Wales melaporkan mengadakan enam operasi penyelamatan karena banjir di dekat Grafton, di utara Sydney. Mereka adalah orang-orang yangterjebak ketika mencoba mengemudikan kendaraan melintasi banjir.

Kebakaran hutan di Australia telah menewaskan sedikitnya 33 orang dan menghancurkan lebih dari 3.000 rumah dalam musim kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang dimulai pada akhir musim kering tahun 2019 lalu. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG