Tautan-tautan Akses

Hujan Deras Jadi Tantangan Tim AS Menuju Piala Dunia


Pemain tim nasional AS, DeAndre Yedlin digendong pelatih Luis Ramirez melewati genangan air di sekitar lapangan tempat latihan, di Couva, Trinidad, Senin, 9 Oktober 2017.

Tantangan terakhir yang harus dihadapi tim sepak bola Amerika untuk masuk ke final Piala Dunia adalah melewati genangan-genangan air.

Hujan deras di pulau Karibia yang berjarak 7,5 mil dari lepas pantai Venezuela, membuat lapangan sepak bola di Stadion Ato Boldon menjadi becek, sisi-sisi lapangan terendam air dan jalur lari yang mengelilingi lapangan juga kebanjiran. Kondisi ini membuat banyak pemain Amerika harus digotong ke lapangan agar kaki-kaki mereka tetap kering untuk sesi latihan terakhir sebelum pertandingan melawan Trinidad dan Tobago pada Selasa (10/10).

"Saya melihat lapangannya dan saya tertawa," kata Christian Pulisic, pemain tengah yang juga bintang lapangan timAmerika.

Asosiasi Sepak Bola Trinidad dan Tobago dalam sebuah pernyataan menyatakan bahwa air banjir akan dipompa keluar dari jalur dan “seluruh pihak yakin bahwa pertandingan bisa diberlangsungkan.” Pihak asosiasi mengatakan, keputusan apakah akan menggunakan lapangan tersebut tergantung komisaris pertandingan, Hector Canchola dari Meksiko.

Memasuki lapangan dengan dipanggul di di bahu pelatih Luis Ramirez, pemain bertahan DeAndre Yedlin mengatakan bahwa dia belum pernah digendong ke lapangan sepak bola sejak berusia 3 atau 4 tahun.

"Saya akan senang melihat salah satu tim terhebat ini dari Eropa datang ke sini dan bermain dalam babak kualifikasi CONCACAF dan benar-benar merasakan situasi ini dan melihat seperti apa kondisinya," kata pelatih AS Bruce Arena. "Yang terkuat, dia bertahan. Mereka bisa membuat satu acara televisi mengenai ini. "

"Jika setelah memeriksa lapangan besok pagi kondisi lapangan tidak memungkinkan untuk pertandingan, maka akan dibuat keputusan," kata Presiden Federasi Sepak Bola AS Sunil Gulati. "Tapi pada saat ini, pertandingan sangat bisa dilaksanakan."

Bila menang dalam pertandingan ini, Amerikan akan mengamankan partisipasinya di Piala Dunia untuk delapan kali berturut-turut dan hampir dipastikan pertandinga berakhir seri karena selisih jumlah gol Amerika yang jauh lebih tinggi.

Kekalahan Amerika dalam pertandingan ini bisa berujung eliminasi, jika Panama mengalahkan tim Costa Rica dan Honduras menang di kandang sendiri melawan Meksiko dalam pertandingan yang akan dimulai bersamaan. Jika Amerika kalan dan salah satu dari tim Amerika Latin itu menang, tim Amerika akan melanjutkan ke pertandingan playoff bulan depan melawan Australia atau Suriah. Jika kedua pesaing Amerika Latin kalah, Amerika akan tetap bisa masuk putaran final Piala Dunia, walaupun mengalami kekalahan di pertandingan hari ini. [aa/fw]

XS
SM
MD
LG