Tautan-tautan Akses

AS

Hope Hicks, Pembantu Dekat Presiden, Positif Covid-19


Hope Hicks, penasihat Presiden AS Donald Trump berjalan menuju pesawat kepresidenan Air Force One untuk mendampingi Trump berkampanye di Minnesota, dari Pangkalan Udara Andrews, Maryland, 30 September 2020. (Foto: Reuters)

Hope Hicks, salah seorang pembantu dekat Presiden Donald Trump positif terinfeksi virus corona.

Mengutip keterangan seorang pejabat, kantor berita Associated Press melaporkan, Hicks yang menjabat sebagai penasihat bagi presiden dan Rabu lalu (30/9) melakukan perjalanan bersama Trump ke sebuah pawai politik, dinyatakan positif mengidap Covid-19 setelah menjalani uji medis pada Kamis (1/10).

Sejauh ini Hicks merupakan pembantu terdekat Trump yang dinyatakan positif.

Gedung Putih belum menjawab pertanyaan yang disampaikan beberapa kali tentang kapan terakhir kali Presiden Trump menjalani tes, dan apakah ia dan staf lain yang menghabiskan waktu bersama Hicks dalam beberapa hari terakhir ini telah dikarantina.

Dalam pernyataannya, juru bicara Gedung Putih Judd Deere mengatakan “Presiden sangat memperhatikan kesehatan dan keselamatan dirinya dan setiap orang yang bekerja mendukungnya dan rakyat Amerika.”

Deere menambah, “Operasi Gedung Putih bekerja sama dengan dokter untuk presiden dan Kantor Militer Gedung Putih guna memastikan agar semua rencana dan prosedur mengikuti pedoman dan praktik terbaik CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.red), dan ketika presiden melakukan perjalanan.”

Hicks telah beberapa kali melakukan perjalanan dengan presiden minggu ini, termasuk helikopter kepresidenan Marine One, untuk mengikuti pawai politik di Minnesota pada Rabu (30/9). Hicks juga naik pesawat kepresidenan Air Force One untuk mengikuti debat pertama calon presiden pada Selasa (29/9) malam.

Hicks sebelumnya menjabat sebagai direktur komunikasi Gedung Putih, dan kembali bergabung tahun ini menjelang pemilihan presiden.

Hasil uji medis yang menyatakan Hicks positif itu pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News.

Sejumlah staf Gedung Putih yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona antara lain juru bicara Wakil Presiden Mike Pence – Katie Miller, penasehat keamanan nasional Robert O'Brien, dan salah seorang asisten pribadi presiden.

Setelah sejumlah orang dekat presiden positif tertular virus corona, Gedung Putih melakukan uji medis harian bagi pembantu-pembantu senior presiden. Lainnya, yang dekat dengan presiden dan wakil presiden, termasuk wartawan, juga menjalani uji medis setiap hari. [em/ft]

XS
SM
MD
LG