Tautan-tautan Akses

Hongaria dan Slovenia Laporkan Kasus Pertama Virus Corona


Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dalam konferensi pers di Praha, 4 Maret 2020. (Foto: AFP)

Hongaria dan Slovenia melaporkan kasus pertama virus corona pada Rabu (4/3). Dua mahasiswa Iran dan dan pasien ketiga yang baru-baru ini melakukan perjalanan pulang dari Maroko melalui Italia, dinyatakan positif terjangkit virus corona.

"Dua pasien telah dibawa ke perawatan medis karena terjangkit virus corona," kata Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban dalam pesan video di Facebook.

“Dua mahasiswa Iran yang belajar di Hongaria, saat ini tampak bebas dari gejala, tetapi dipastikan terjangkit," katanya.

Dr. Janos Szlavik di Central Hospital of Southern Pest mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers, kedua pasien mengunjungi keluarga di Iran baru-baru ini dan teman sekamar mereka sedang dikarantina.

Di negara tetangga, Slovenia, Menteri Kesehatan Ales Sabeder mengatakan kepada wartawan, kasus positif virus corona pertama yaitu seorang "pasien berusia sekitar 60 tahun yang kembali dari Maroko melalui Italia" beberapa hari lalu.

Lebih dari 90.000 orang telah terjangkit dan sekitar 3.200 meninggal di seluruh dunia karena virus ini, sebagian besar di China, tempat COVID-19 pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sejauh ini belum menyatakan virus itu sebagai pandemi, meskipun mengatakan dunia harus bersiap untuk kemungkinan itu. [ps/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG