Tautan-tautan Akses

Hasil Tak Resmi: Presiden Mutharika Menangkan Pemilu Malawi


Para petugas menghitung hasil pemungutan suara di Lilongwe, Malawi (21/5).

Para pendukung partai yang berkuasa di Malawi hari Rabu (22/5) mulai merayakan apa yang mereka anggap kemenangan presiden petahana Peter Mutharika, berdasarkan hasil-hasil penghitungan suara yang tidak resmi. Partai-partai oposisi tidak sepakat dengan penghitungan suara itu.

Komisi Pemilihan Malawi mengatakan hari Rabu sore belum siap untuk mengumumkan hasil-hasil pemungutan suara yang diadakan hari Selasa (21/5). Tapi, hasil penghitungan suara sementara yang belum dikukuhkan dan diumumkan oleh stasiun radio dan televisi menunjukkan Mutharika berada paling depan dalam kebanyakan TPS.

Ini memicu sejumlah anggota partai Progresif Demokratik atau DPP untuk mulai berpesta dan saling mengucapkan selamat lewat media sosial.

Ben Phiri, kepala kampanye partai DPP, mengatakan, “Kami punya cukup alasan untuk mempercayai hasil-hasil penghitungan sementara ini. Dalam pemilu ini rakyat Malawi yang berhak memberikan suara, dan tampaknya mereka telah melakukan hal itu, dan kami cukup senang.”

Tapi partai-partai oposisi tidak senang melihat kegembiraan awal partai DPP itu.

Richard Chimwendo Banda, pejabat pemilu partai oposisi utama, Partai Kongres Malawi, yang dipimpin Lazarus Chakwera, mengatakan, “Perayaan itu adalah usaha manipulasi pendapat rakyat, dan kami tidak senang. Tapi yang bagusnya adalah, para pejabat dan petugas kami di lapangan telah mendapatkan hasil-hasilnya sendiri, yang akan kami umumkan. Hasil penghitungan suara itu dengan jelas menunjukkan siapa yang menang, yaitu Dr. Lazarus Chakwera.”

Rafik Hajat adalah direktur eksekutif sebuah lembaga riset lokal. Ia mengatakan pada VOA masih terlalu dini bagi partai manapun untuk mengklaim kemenangan, sebelum adanya pengumuman tentang hasil penghitungan resmi.

Komisi pemilihan umum mengatakan akan mulai mengumumkan hasil penghitungan sementara yang sudah diverifikasi dari ke-28 distrik pemilihan. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG