Tautan-tautan Akses

AS

Hasil Perhitungan Kaukus Iowa: Buttigieg dan Sanders Bersaing Ketat


Mantan Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg meraih 26,8 persen suara, diikuti Sanders 25,2 persen dalam pemilihan kaukus di Iowa. (Foto: dok).

Mantan Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg dan Senator Vermont Bernie Sanders bersaing ketat dalam kaukus di Iowa, berdasarkan hasil perhitungan sebagian, menyusul kekacauan terkait persoalan teknis yang mewarnai proses pemilihan pendahuluan bakal calon presiden Partai Demokrat itu.

Dengan 41 delegasi yang diperebutkan, Buttigieg meraih 26,8 persen suara, diikuti Sanders 25,2 persen. Senator Massachusetts Elizabeth Warren menyusul di posisi ketiga dengan 18 persen, diikuti mantan wakil presiden Joe Biden dan Senator Minnesota Amy Klobouchar. Enam kandidat lainnya jauh tertinggal di belakang.

Namun hasil perhitungan itu baru dari 71 persen wilayah pemilihan di Iowa. Tidak jelas kapan perhitungan dari 29 persen wilayah pemilihan sisanya akan diumumkan dan apakah akan menghadirkan kejutan.

Hasil pendahuluan ini menegaskan adanya perpecahan ideologi yang tajam dalam tubuh Partai Demokrat dalam usaha mencari kandidat yang cukup kuat untuk mengalahkan Presiden Donald Trump pada pemilu presiden November mendatang.

Buttigieg, yang berusia 38 tahun, mewakili kubu moderat di Partai Demokrat dan merupakan kandidat calon presiden dari Partai Demokrat yang pertama kali secara terbuka mengakui dirinya gay. Sanders, yang berusia 78 tahun, mengklaim dirinya sebagai sosialis demokrat, yang mendukung layanan medis universal sementara meniadakan layanan asuransi kesehatan swasta.

Buttigieg mendukung layanan kesehatan yang dioperasikan pemerintah sementara mengizinkan orang-orang mempertahankan layanan asuransi kesehatan swasta yang mereka miliki.

Sanders menjanjikan pendidikan perguruan tinggi gratis selama empat tahun dan membebaskan pinjaman biaya pendidikan (student loan). Buttigieg hanya akan memberikan pendidikan perguruan tinggi gratis kepada keluarga-keluarga berpendapatan rendah sementara mencari cara-cara lain untuk mengurangi utang pendidikan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG