Tautan-tautan Akses

Hari ke-12 Sidang Uang Tutup Mulut, Donald Trump Didenda $1.000


Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara kepada para reporter sebelum memasuki ruang persidangan di Pengadilan Pidana Manhattan, pada 6 Mei 2024. (Foto: AP/Julia Nikhinson)
Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara kepada para reporter sebelum memasuki ruang persidangan di Pengadilan Pidana Manhattan, pada 6 Mei 2024. (Foto: AP/Julia Nikhinson)

Persidangan Donald Trump terkait kasus uang tutup mulut memasuki hari ke-12. Para juri untuk pertama kali mendengar bagaimana dan mengapa penggantian biaya Michael Cohen untuk pembayaran Stormy Daniels disebut sebagai biaya hukum.

Mantan pengendali Trump Organization, Jeffrey McConney, memberi kesaksian pada Senin (6/5). Ia mengungkapkan percakapannya dengan kepala keuangan perusahaan, Allen Weisselberg, pada Januari 2017 soal penggantian uang Cohen US$130.000 untuk membayar Keith Davidson, yang kala itu menjadi pengacara Daniels.

McConney mengatakan catatan tulisan tangan Weisselberg memerinci berapa uang yang harus diberikan kepada Cohen. Semua pengeluaran harus dimasukkan dalam buku besar dengan kode kategori. Karena “kami membayar pengacara,” kata McConney, maka pembayaran tersebut diberi kode seperti itu.

Sebelum kesaksian para saksi, Trump dikenai sanksi untuk kedua kalinya karena melanggar perintah bungkam. Perintah itu melarang Trump berbicara terbuka tentang para saksi, juri, dan pihak lain yang terkait persidangan itu.

Hakim Juan M. Merchan mendenda Trump $1.000. Ia memperingatkan, bila kembali melanggar, Trump bisa dijatuhi hukuman penjara.

Cohen adalah saksi utama tuntutan hukum ini. Ia dipenjara karena skema uang tutup mulut tersebut.

Trump mengaku tidak bersalah atas 34 tuduhan kejahatan pemalsuan catatan bisnis. [ka/fw]

Forum

XS
SM
MD
LG