Tautan-tautan Akses

Harga Minyak Merangkak Naik Jelang Pertemuan OPEC


Anjungan produksi minyak lepas pantai milik BP di North Sea, 100 mil timur Aberdeen, Skotlandia, 24 Februari 2014. (Foto:BP)

Harga minyak kembali merangkak naik, Kamis (30/11), menjelang pertemuan OPEC di Wina, yang diharapkan akan memutuskan untuk memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi minyak.

Kesepakatan yang berlaku mulai Januari tahun ini bertujuan untuk mengurangi kelebihan pasokan dan menaikkan harga minyak.

Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara-negara produsen minyak Non-OPEC, termasuk Rusia, akan bertemu di markas OPEC, di ibu kota Austria.

OPEC dijadwalkan akan mengadakan sesi terbuka, termasuk untuk media, pada pukul 10 pagi waktu setempat, sebelum mengikuti pembicaraan tertutup, menurut jadwal acara sementara yang diunggah di website OPEC, Reuters melaporkan.

Harga minyak Brent untuk pengiriman Februari, acuan harga minyak internasional, naik 20 sen atau 0,3 persen menjadi 62,73 dolar per barel pada pukul 0746 GMT, dibanding penutupan sebelumnya.

Harga minyak Amerika, West Texas Intermediate, naik 15 sen atau 0,3 persen.

Walaupun belum ada pernyataan resmi, OPEC dan Rusia tampak siap meneruskan pemotongan produksi minyak hingga akhir 2018. Kesepakatan pemotongan produksi berakhir Maret 2018.

Namun, kesepakatan perpanjangan pemotongan produksi akan ditinjau ulang pada Juni, apabila permintaan menguat hingga mendorong kenaikan harga tinggi, di tengah pengurangan pasokan. [fw/au]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG