Tautan-tautan Akses

Hamas dan Faksi-Faksi Rayakan Serangan Tepi Barat


Asap dan api tampak selama serangan udara Israel di Gaza, 15 Maret 2019 (foto: Reuters/Mohammed Salem)
Asap dan api tampak selama serangan udara Israel di Gaza, 15 Maret 2019 (foto: Reuters/Mohammed Salem)

Ratusan pendukung Hamas dan faksi-faksi perlawanan Palestina lainnya hari Minggu berunjuk rasa melalui Kota Gazaa untuk merayakan serangan terhadap tentara Israel di Tepi Barat.

Para pendukung, termasuk beberapa anak-anak, memegang spanduk bertuliskan "berkatilah tangan pahlawan serangan," dan membawa bendera Hamas.

Perayaan itu terjadi setelah seorang Palestina membunuh seorang warga Israel dan melukai serius dua lainnya dalam penembakan hari Minggu di Tepi Barat sebelum melarikan diri, memicu perburuan besar-besaran, kata militer Israel.

Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan penyerang menikam seorang tentara Israel di pintu masuk pemukiman Ariel, barat daya kota Nablus, Palestina dan kemudian merebut senapan serbunya.

Ia kemudian menembaki beberapa kendaraan yang melintas, menyerang warga sipil. Mobil lainnya berhenti dan penyerang menaiki mobil itu yang kemudian melaju pergi sambil melepaskan tembakan ke arah tentara di sepanjang jalan sebelum melarikan diri ke desa Palestina.

Tentara mengidentifikasi warga Israel yang terbunuh dalam serangan penikaman itu sebagai prajurit Gal Keidan usia 19 tahun. [my]

XS
SM
MD
LG