Tautan-tautan Akses

Hakim Rusia Dipecat Setelah Tertidur di Ruang Sidang


Seorang polisi Rusia menjaga ruang sidang di Moskow (foto: dok). Hakim Yevgeny Makhno dipecat akibat tertidur di ruang sidang.
Seorang polisi Rusia menjaga ruang sidang di Moskow (foto: dok). Hakim Yevgeny Makhno dipecat akibat tertidur di ruang sidang.

Seorang hakim Rusia dipecat setelah ia tertidur di ruang pengadilan lalu memvonis seorang terdakwa dengan hukuman lima tahun penjara.

Hakim Yevgeny Makhno dari Pengadilan Kota Blagoveshchensk di kawasan timur jauh Rusia dipaksa meletakkan jabatan hari Jumat (1/2), karena jelas-jelas tertidur beberapa kali pada saat mengadili seorang pebisnis atas tuduhan kecurangan.

Kasus itu menjadi skandal nasional setelah pengacara terdakwa memasang di internet beberapa video Hakim Makhno sedang tertidur di tengah persidangan. Video-video itu lalu ditayangkan di televisi milik pemerintah.

Hakim Makhno mengklaim bahwa dirinya tidak tidur, melainkan mendengarkan dengan mata tertutup, kata berbagai laporan.

Tetapi karena pengadilan tinggi memutuskan untuk tidak menghukumnya, Makhno hanya diharuskan mengambil ujian ulang untuk bisa dipulihkan ke jabatan semula.

Namun sang terdakwa, pebisnis Rusia yang sudah dijatuhi hukuman lima tahun penjara oleh Hakim Makhno, akan diberi hak untuk mendapatkan persidangan ulang.

Recommended

XS
SM
MD
LG