Tautan-tautan Akses

AS

Hakim Chicago Tolak Jaminan untuk Tersangka Penculik Cendekiawan China


Brendt Christensen, tersangka dalam penculikan Yingying Zhang, cendekiawan China di University of Illinois. (Foto: dok).

Seorang hakim federal di selatan Chicago telah menolak jaminan bagi seorang pria Illinois yang dicurigai menculik cendekiawan China, Yingying Zhang.

Agen FBI menangkap Brendt Christensen minggu lalu setelah beberapa waktu mengintai gerak-geriknya. Mereka mendengar Christensen diduga membual (sesumbar) kepada seseorang bahwa dia menculik mahasiswa University of Illinois tersebut.

Ratusan orang berdiri di seberang dan di lobi gedung pengadilan Senin (3/7), menuntut keadilan. Christensen tidak mengatakan apa-apa pada sidang singkat selain menanggapi ya saat hakim bertanya kepadanya apakah dia mengerti haknya.

Pengacaranya mengingatkan wartawan bahwa kliennya tidak bersalah sebelum terbukti bersalah dan mengatakan "banyak yang tidak diketahui masyarakat."

Otoritas federal mengatakan, mereka yakin Zhang sudah meninggal, namun belum menemukan mayatnya.

Zhang datang ke University of Illinois di Urbana-Champaign sebagai sarjana ilmu lingkungan dan produksi tanaman.

Penyelidik mengatakan, dia hilang pada tanggal 9 Juni ketika bergegas hendak menandatangani kontrak menyewa sebuah apartemen. Video menunjukkan bahwa ia gagal menyetop bus ketika sebuah mobil berhenti dan dia naik ke mobil itu. Sejak itu tidak ada yang melihatnya lagi. [ps/al]

XS
SM
MD
LG