Tautan-tautan Akses

Hakim Beri Lampu Hijau untuk Pindahkan Penyanyi R. Kelly ke New York


Penyanyi R&B R. Kelly tiba untuk persidangan nafkah anak di pengadilan Cook County, Chicago, Illinois, 6 Maret 2019. (Foto: Kamil Krzaczynski/Reuters)

Seorang hakim federal, Kamis (15/4), memberikan lampu hijau untuk memindahkan penyanyi R&B R. Kelly ke New York untuk menjalani sidang pengadilan pada musim panas nanti, setelah beberapa kali ditangguhkan.

Kelly telah ditahan di Chicago di mana ia berpotensi menghadapi sidang pengadilan kedua pada musim gugur nanti dalam satu kasus federal terpisah terkait penyelidikan kejahatan seksual dalam skala luas.

Sidang di pengadilan federal Brooklyn telah ditangguhkan karena pandemi virus corona. Namun, dalam sebuah sidang yang dilangsungkan secara virtual, hakim distrik Ann Donnelly mengatakan kepada pengacara Kelly bahwa ada gedung pengadilan dengan perlindungan yang memungkinkan untuk melangsungkan sidang pada 9 Agustus.

Hakim itu juga mengatakan pemerintah seharusnya mulai bersiap memindahkan Kelly ke sebuah penjara di New York. Penjara dimaksud tampaknya Metropolitan Detention Center di Brooklyn. Belum ada kepastian waktunya.

Tim jaksa di Brooklyn menuduh Kelly memimpin sebuah perusahaan yang terdiri dari manajer, penjaga keamanan pribadinya dan beberapa staf lain, yang membantunya merekrut perempuan dan anak perempuan untuk seks. Juri diperkirakan akan mendengar kesaksian dari beberapa tersangka korban, yang dalam dokumen pengadilan hanya diidentifikasi sebagai “Jane Doe.”

Penyanyi rap terkenal itu menyangkal tuduhan perdagangan seks tersebut. Salah seorang kuasa hukumnya, Steve Greenberg, Kamis (15/4), mengatakan kliennya siap menjalani sidang pengadilan tersebut. [em/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG