Tautan-tautan Akses

AS

Hakim AS Perintahkan Pemerintahan Trump Pulihkan Pusat Pengaduan Penahanan


Petugas mengawasi para tahanan yang sedang berolahraga di pusat penahanan Vacaville, California, AS (foto: ilustrasi).

Seorang hakim federal telah memerintahkan pemerintahan Trump untuk memulihkan layanan pengaduan gratis melalui telepon yang memungkinkan para imigran yang ditahan melaporkan keprihatinan mengenai kondisi tahanan setelah layanan pengaduan itu ditampilkan di acara TV "Orange Is the New Black.'' (OITNB)

Hakim Pengadilan A.S. Andre Birotte Jr pada hari Selasa mengeluarkan perintah pengadilan yang memerintahkan para pejabat untuk memulihkan layanan pengaduan melalui telepon yang dikelola oleh kelompok nir laba Freedom for Immigrants sejak 2013.

Freedom for Immigrants menuduh Badan Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) menutup layanan itu pada Agustus setelah ditampilkan pada jaringan Netflix, yang menarik perhatian sejumlah kalangan atas kecaman kelompok itu pada kondisi penahanan imigrasi.

Birotte memutuskan siaran kelompok dalam serial OITNB adalah faktor yang substansial dan menyebabkan penutupan layanan itu, dan langkah tersebut memaksa para imigran untuk membayar $ 1 per menit untuk menelpon kelompok itu pada saluran yang sekarang dipantau oleh pemerintah.

"Kasus ini harus mengingatkan kita semua bahwa pemerintahan Trump bukanlah hukum bagi dirinya sendiri, tetapi lebih bertanggung jawab kepada rakyat dan Konstitusi kita," kata Christina Fialho, pendiri dan direktur eksekutif organisasi nirlaba itu.

Tidak segera jelas kapan layanan akan dipulihkan. Pesan yang dikirim kepada ICE yang meminta komentar belum di jawab.

ICE sebelumnya mengatakan kelompok nirlaba itu telah menyalahgunakan layanan pengaduan itu untuk melakukan percakapan tiga arah dengan keluarga mereka. Layanan pengaduan itu tidak dipantau atau direkam, kata ICE sehingga imigran bisa mencari dan berbicara dengan pengacara mengenai kasus mereka. [my/lt]

XS
SM
MD
LG